Tips Sukses Bisnis UMKM Yang Tahan Banting, Pemula Wajib Tahu

Tips Sukses Bisnis UMKM Yang Tahan Banting, Pemula Wajib Tahu

Tips Sukses Bisnis UMKM Yang Tahan Banting, Pemula Wajib Tahu


Bergabung dalam UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memang terlihat menggiurkan. Ada banyak pebisnis UMKM yang sukses dan ada juga yang bahkan tergerus karena tidak memahami cara mengembangkan bisnis yang tepat. Sehingga ketika ada ketidakstabilan ekonomi akan memberikan dampak yang  besar. Bagi anda yang baru akan bergabung dalam  bisnis ini, yuk intip tips sukses bisnis UMKM yang bisa anda terapkan berikut.

 

Tips Agar Memiliki Bisnis UMKM Yang Tahan Banting

 

1.Kemampuan Membaca Pasar

 

Modal utama agar anda bisa bertahan di persaingan yang semakin ketat ini adalah mengetahui pasar anda. Memang banyak yang memberikan inovasi dan terobosan baru dalam dunia bisnis sehingga tampil beda. Tampil beda ini tidak selalu menguntungkan, karena jika ternyata belum ada pasarnya anda juga akan kesulitan memasarkannya. Untuk itu sebelum anda benar benar terjun dalam bisnis UMKM ada baiknya untuk tahu pasarnya lebih dahulu.

 

Coba untuk posisikan diri anda sebagai konsumen dan bukanlah sebagai pebisnis. Dengan begitu anda bisa memikirkan langkah atau produk apa yang tepat. Memang tidak semua pengusaha memiliki insting yang kuat. Namun insting ini tetap bisa diasah jika ada kemauan agar bisnis bisa semakin berkembang. Bisa mengambil contoh saat pandemi corona melanda, jika pembisnis memiliki insting yang baik pasti sudah akan mengalihkan bisnisnya.

 

Tips Sukses Bisnis UMKM ini bisa dikatakan penting untuk dilakukan, bahkan sebelum anda menentukan pasarnya. Sebab pasar yang tepat akan memudahkan anda untuk melakukan pengembangan bisnis. Namun kenyataannya, masih banyak pengusaha yang tidak peka dalam menganalisis pasar. Sehingga ketika ada goncangan, kebangkrutan seperti di depan mata. Seperti ketika pandemi melanda, banyak sekali UMKM yang akhirnya gulung tikar.

 

2. Miliki Bisnis Plan

 

Sebenarnya bisnis plan menjadi langkah awal yang harus anda lakukan. Karena dengan konsep atau rencana bisnis ini anda bisa melakukan pergerakan terhadap bisnis yang anda kelola. Karena di dalam rencana bisnis tidak hanya berisi visi misi, namun juga kendala yang sekiranya akan dihadapi. Rencana bisnis ini tidak boleh hanya berada di angan angan. Harus dituliskan secara detail dan menjadi Tips Sukses Bisnis UMKM yang bisa anda terapkan selanjutnya.

 

Sebagian orang banyak yang hanya mengenal bisnis plan, tetapi tidak mempelajarinya lebih jauh. Bisnis plan hanya dibuat untuk formalitas saja, padahal harusnya konsep bisnis ini memiliki peranan yang begitu penting. Terutama ketika bisnis dalam kondisi yang tidak menentu, salah satunya saat pandemi tengah melanda atau krisis ekonomi. Akhirnya gulung tikar menjadi jalan keluar yang tidak bisa lagi ditawar dan menjadi ujung dari bisnis tersebut.

 

3. Cashflow atau Arus Kas

 

Seorang wirausaha yang baik akan memiliki kemampuan untuk mengatur cashflow atau kas dengan sangat baik. Karena dari laporan keuanganlah, kondisi serta kinerja sebuah bisnis bisa dinilai. Apakah nantinya akan ada prospek yang bagus atau justru berakhir dengan kebuntuan. Jika mampu menjaga cashflow agar tetap stabil, maka kondisi bisnis juga akan tetap stabil. Tips Sukses Bisnis UMKM ini seringkali masih dianggap sepele.

 

Saat ini mengatur bisnis harusnya lebih mudah karena bantuan teknologi. Begitu juga dengan ketika anda perlu untuk mengatur keuangan dengan lebih terinci dan baik. Sudah hadir berbagai software yang bisa dihadirkan untuk kepentingan bisnis anda. Anda bisa memilih jasa penyedia software terbaik yaitu Haysia Development yang bisa menyediakan banyak software sesuai kebutuhan. Sehingga anda bisa lebih mudah untuk mengelola keuangan.

 

Bagikan


Artikel Dipost Oleh Hariadi

Seorang freelancer website and software developer, gemar dengan ilmu seputar IT serta penuh semangat untuk belajar.


0 Komentar

Tidak ada komentar


Berikan komentar ...