Mengintip 3 Strategi Marketing UMKM Untuk Melancarkan Bisnis Anda

Mengintip 3 Strategi Marketing UMKM Untuk Melancarkan Bisnis Anda

Mengintip 3 Strategi Marketing UMKM Untuk Melancarkan Bisnis Anda

Ketika anda terjun ke dunia bisnis, maka anda pun akan sering kali mengalami kondisi yang tak menentu. Mungkin, hal ini bisa saja disebabkan karena strategi marketing UMKM yang anda jalankan tidak sesuai. Atau bahkan anda hanya asal asalan saja di dalam berbisnis. Agar tidak salah langkah, maka anda pun bisa menyimak beberapa strategi pemasaran yang bisa anda gunakan di dalam bisnis UMKM anda. Berikut simak ulasannya.

 

Beberapa Strategi Pemasaran Efektif Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Bisnis UMKM

 

1. Dengan Memiliki Keunikan

 

Hal pertama yang bisa anda lakukan agar bisnis anda menjadi lebih maju dan berbeda, maka anda pun bisa mendirikan usaha yang memiliki keunikan tersendiri. Untuk itu, sebisa mungkin buatlah produk atau jasa yang beda dari pada yang lain. Ketika anda memiliki usaha yang berbeda, maka konsumen pun akan cenderung memilih dan mencoba bisnis yang anda miliki.

 

Pasalnya, orang Indonesia sendiri memiliki sifat yakni mudah untuk dibuat penasaran. Untuk itu, salah satu strategi marketing UMKM yang efekif adalah dengan membuat dan memproduksi barang dan juga jasa yang berbeda. Usahakan anda pun menjadi pelopor bisnis baru, sehingga nantinya anda pun akan jauh lebih bisa dilirik oleh masyarakat.

 

2. Dengan Mengetahui Kategori Dari Bisnis Anda

 

Selain memiliki konsep yang unik, maka hal lain yang perlu untuk anda perhatikan di dalam membuka usaha UMKM adalah mengetahui kategori dimana bisnis anda berada. Sehingga, ketika anda mengetahuinya maka akan menjadi salah satu cara untuk menentukan target konsumen yang anda inginkan. Contoh saja, ketika anda membuka bisnis kopi maka anda pun bisa menentukan ingin menjualnya secara angkringan atau high class seperti di cafe.

 

Dengan begitu, anda pun akan bisa menentukan target konsumen. Ketika anda mengetahui kategori dari bisnis yang anda jalankan, akan menjadi salah satu strategi marketing UMKM yang bisa untuk anda jalankan. Hal ini juga menjadi salah satu tolak ukur bagaimana bisnis anda di masa depan. Sehingga, anda pun akan menjadi tahu segmen seperti apa yang ingin untuk anda tembak.

 

3. Dengan Membuat Target Konsumen

 

Seperti yang telah dibahas diatas, setelah mengetahui kategori bisnis anda maka akan lebih mudah untuk menentukan target pasar yang anda tuju. Untuk itu, anda pun bisa mengambil target yakni dengan memilih konsumen yang spesifik. Apabila, anda memiliki target pasar yang terlalu luas maka hal ini akan berimbas dan menyulitkan anda nantinya. Ketika anda memiliki usaha yang tidak memiliki target pasar, maka anda pun akan kesulitan dalam penjualan.

 

Untuk itu, salah satu strategi marketing UMKM yang harus anda terapkan adalah dengan membuat target konsumen yang jelas dan fokus. Pasalnya, di dalam berbisnis maka anda tidak bisa untuk mencoba mengambil semua pelanggan. Hal ini akan membuat bisnis UMKM yang anda jalankan menjadi tidak fokus dan akan membuat anda mengalami kerugian. Serta pesan bisnis mengenai produk dan jasa yang anda miliki juga tidak bisa tersampaikan dengan baik.

 

Di dalam mengembangkan strategi tersebut, anda pun juga perlu melakukan pemasaran secara digital. Dimana anda bisa membuat website ataupun dengan memiliki software yang akan memudahkan anda. Untuk itu, anda pun bisa melihat beberapa layanan yang ditawarkan oleh Haysia Development yang akan membantu anda untuk memudahkan anda di dalam berbisnis. Dengan adanya hal tersebut akan semakin memudahkan anda di dalam memasarkan produk.

 

Bagikan


Artikel Dipost Oleh Hariadi

Seorang freelancer website and software developer, gemar dengan ilmu seputar IT serta penuh semangat untuk belajar.


0 Komentar

Tidak ada komentar


Berikan komentar ...