Serba Online, Berikut 3 Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis UMKM

Serba Online, Berikut 3 Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis UMKM

Serba Online, Berikut 3 Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis UMKM


Di jaman yang serba canggih dan online ini, tentu saja akan semakin memberikan kemudahan di dalam membuka usaha. Hal ini dikarenakan dengan adanya digital marketing untuk bisnis UMKM akan lebih memudahkan pelaku bisnis maupun pelanggan di dalam berinteraksi. Dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa jenis pemasaran secara digital yang bisa anda gunakan sebagai pelaku UMKM. Simak ulasan selengkapnya.

 

Mengintip Beragam Jenis Digital Marketing Yang Bisa Digunakan Untuk UMKM

 

1. Dengan Menggunakan WhatsApp Bisnis

 

Bagi pelaku bisnis, maka anda pun diharapkan untuk bisa beradaptasi dengan berbagai macam teknologi yang ada. Salah satunya adalah layanan messenger yakni WhatsApp. Aplikasi satu ini, ternyata tak hanya berfungsi untuk melakukan aktifitas chatting secara personal saja, melainkan bisa untuk berbisnis. Ada berbagai macam keunggulan yang ditawarkan dalam aplikasi ini.

 

Diantaranya adalah dengan profil bisnis, yang bisa anda gunakan untuk menuliskan profil dari bisnis UMKM. Contohnya seperti profil bisnis, alamat hingga biodata. Bahkan pada WhatsApp bisnis ini terdapat pula statistik. Sehingga, anda bisa mengetahui performa dari bisnis anda. Dimana, anda bisa mengetahui siapa saja yang membuka dan mengabaikan pesan anda. Dengan begitu, WhatsApp Bisnis dapat menjadi salah satu digital marketing untuk bisnis UMKM.

 

2. Dengan Menggunakan Software Laporan Keuangan

 

Di dalam mengurus keuangan bisnis UMKM tentu saja akan menjadi hal yang berbeda dengan mengurus keungan pribadi. Hal ini dikarenakan anda akan mengelola keuangan dari orang banyak. Tentu saja, hal ini akan menjadi hal yang merepotkan namun keuangan di dalam bisnis UMKM merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu, terdapat solusi yang bisa anda lakukan yakni dengan menggunakan software khusus untuk laporan keuangan anda.

 

Hal ini tentu saja akan membuat pelaku bisnis lebih dimudahkan. Anda bisa mengatur keuangan dengan cara yang mudah. Pasalnya dengan adanya teknologi akan menjadi salah satu digital marketing untuk bisnis UMKM yang wajib anda miliki. Anda pun bisa menemukan software tersebut di Haysia Development. Dengan begitu, anda akan mampu dan lebih mudah untuk merencanakan bisnis UMKM yang dimiliki agar lebih matang untuk kedepannya.

 

3.Dengan Menggunakan Website

 

Website masih memiliki peranan yang penting di dalam pemasaran seara digital. Hal ini dikarenakan dengan adanya teknologi satu ini akan memberikan kemudahan, baik bagi pelaku bisnis UMKM maupun pelanggan. Nantinya, konsume akan lebih mudah untuk mencari informasi dan mengetahui diskon maupun promosi terkait produk serta layanan yang ada di dalam bisnis UMKM tersebut. Hal ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bag konsumen.

 

Sedangkan untuk pelaku bisnis akan memberikan manfaat yakni lebih mudah dapat memberikan informasi terbaru. Dengan adanya website ini akan menjadi salah satu sarana untuk lebih dekat kepada pelanggan. Karena dengan adanya layanan komentar, akan membuat pelanggan lebih mudah untuk memberikan kritik dan saran. Dengan begitu, adanya digital marketing untuk bisnis UMKM ini akan memberikan pengaruh yang besar dalam mengembangkan usaha.

 

Bagi anda yang ingin untuk membuka bisnis UMKM, maka anda apun bisa memulainya dengan menggunakan sarana pemasaran digital. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan media digital saat ini. Mulai dari melakukan promosi hingga memudahkan anda untuk mengatur keuangan. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan software maupun layanan pembuatan website yang dimiliki oleh Haysia Development. Sehingga anda pun akan lebih mudah untuk melebarkan bisnis anda.

 

Bagikan


Artikel Dipost Oleh Hariadi

Seorang freelancer website and software developer, gemar dengan ilmu seputar IT serta penuh semangat untuk belajar.


0 Komentar

Tidak ada komentar


Berikan komentar ...