Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Dewasa ini dalam dunia bisnis memicu persaingan yang sangat ketat, salah manajemen dan perencanaan akan membuat pelanggan meninggalkan kita dan otomatis akan berdampak buruk bagi omset pejualan, apapun jenis usahanya. Apalagi usaha yang bergerak dibidang yang banyak digendrungi oleh banyak usahawan-usahawan. Teman-teman mungkin pernah mengalami dimana anda dengan kompatitor yang lain memiliki jenis usaha yang sama tapi memiliki omset penjualan yang berbeda atau lebih sedikit dibandingkan kompatitor anda.

 

Tidak dapat dipungkiri kalau kelangsungan sebuah usaha sangat dipengaruhi oleh omset penjualan, semakin tinggi omset penjualan maka akan semakin besar pula laba akan diperoleh maka usaha itupun akan sehat dan bisa bertahan. Dengan begitu maka akan sangat diperlukan perencanaan-perencanaan yang matang dengan perhitungan-perhitungan yang memadai dalam mengatur atau menjalankan usaha tersebut. Anda harus bisa hitung-hitungan dalam dunia bisnis, ingat.. hitung-hitungan ekonomi tidak sama dengan hitung-hitungan ilmu pasti. Anda pasti sudah tau bahwa Ilmu ekonomi merupakan ilmu Non Eksakta dimana dalam Dua kondisi yang sama bisa menghasilkan dua hasil yang berbeda.

 

Dengan begitu anda para usahawan wajib melakukan langkah-langkah perencanaan yang matang dan tepat sasaran untuk mencapai hasil yang di inginkan, Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan dalam dunia usaha dewasa ini untuk meningkatkan omset penjualan :

 

1. PERBAIKAN KUALITAS PRODUK DAN PENEKANAN HARGA

 

Perlu digaris bawahi bahwa kualitas produk merupakan inti dari penjualan, semakin baik kualitas produk maka akan semakin disukai oleh pelanggan serta otomatis akan menciptakan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk anda yang tentunya akan memberika dampak positif dalam peningkatan omset penjualan. Akan tetapi perlu diingat bahwa selain dari kualitas produk ada harga yang menjadi pemicu, produk yang berkualitas dengan harga yang tinggi atau melebihi ekspektasi konsumen akan membuat produk anda kurang penjualan walaupun pada kenyataannya tidak akan selalu terjadi seperti itu, akan tetapi dengan kualitas produk yang baik disertai dengan harga yang terjangkau atau sesuai ekspektasi pasar maka produk anda bisa dipastikan akan lebih laris.

 

2. PROMOSI

 

Hal yang perlu anda ketahui bahwa usaha tidak akan menghasilkan apa-apa jika usaha atau produk anda tidak diketahui oleh konsumen alias tidak punya pangsa pasar. Dengan begitu perlunya melakukan promosi untuk memperkenalkan usaha anda kepada konsumen. Berikut beberapa cara promosi yang baik menurut mimin :

  1. Konsumen ke Konsumen. Salah satu cara promosi yang baik dan efisien adalah dari konsumen ke konsumen, maka dengan itu kualitas produk serta pelayanan yang baik akan memberikan kesan yang positif pada konsumen, sehingga konsumen tersebut secara otomatis akan mempromosikan produk anda ke konsumen lainnya.
  2. Penyebaran Brosur. Membuat brosur yang menggambarkan usaha atau produk anda secara singkat tapi memikat, dan lakukan penyebaran ditempat-tempat umum yang ramai dan tepat sasaran.
  3. Media Elektronik. Dewasa ini sangat mudah melakukan promosi dengan memanfaatkan media elektronik, contohnya google ads dan facebook ads.
  4. Dan lain-lain.

 

3. LAYANAN PURNA JUAL (AFTER SALES SERVICE).

 

Pada dasarnya, after sales service dari perusahaan adalah sebuah layanan yang diberikan pada konsumen setelah melakukan pembelian produk. Dengan begitu menjaga hubungan baik dengan pelanggan sangatlah penting. Dalam usaha Eektronik dan sejenisnya layanan purna jual yang diberikan biasanya berupa garansi terhadap barang, ramah dalam menanggapi pertanyaan atau permasalahan pelanggan, serta menerima dengan baik dan ramah saat pelanggan berkunjung ke toko, Sc atau rumah anda.

 

Share


Article Posted By Hariadi

Seorang freelancer website and software developer, gemar dengan ilmu seputar IT serta penuh semangat untuk belajar.


0 Comment

No Comment


Leave a Comment ...